10 Amalan Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadan!

 

10 Amalan Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadan!
10 Amalan Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadan!

LS PPIU – 10 Amalan sederhana yang bisa membuatmu jadi lebih baik di bulan ramadan. Yuk simak penjelasan artikel dibawah ini.

Bulan suci Ramadan telah tiba saatnya bagi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah dan meraih berkah yang melimpah. Di bulan penuh berkah ini ada banyak amalan sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ingin tahu apa saja amalan-amalan ringan yang bisa membawa kita pada kebaikan? Simak ulasan berikut ini!

1. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah salah satu amalan sederhana di bulan Ramadan yang penuh pahala. Dengan melaksanakan shalat tarawih kita bisa mendapatkan kebaikan sekaligus memperbaiki kualitas ibadah kita di bulan suci ini. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan pahala besar.

2. Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Salah satu amalan ringan Ramadan yang sangat dianjurkan adalah membaca Al-Qur’an setiap hari. Dengan membaca Al-Qur’an kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan di hati. Jadikanlah membaca Al-Qur’an sebagai kegiatan harian yang tidak tergantikan.

3. Berpuasa dengan Ikhlas

Puasa adalah amalan spiritual Ramadan yang tidak bisa dilewatkan. Namun lebih dari sekadar menahan lapar dan haus, puasa juga mengajarkan kita untuk bersikap sabar, ikhlas dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Berpuasa dengan ikhlas akan membuat setiap amalan kita diterima dengan baik oleh Allah SWT.

4. Memberikan Sedekah

Salah satu amalan peningkatan diri Ramadan yang sangat dianjurkan adalah memberikan sedekah. Tidak perlu menunggu jumlah yang besar setiap sedekah yang kita berikan akan menjadi amal baik yang membawa berkah. Mulailah dari hal-hal kecil seperti memberi makanan kepada yang membutuhkan atau menyumbangkan sebagian rezeki kita.

5. Memperbanyak Zikir dan Doa

Zikir dan doa adalah amalan kebaikan Ramadan yang penuh berkah. Dengan memperbanyak zikir dan doa, kita akan merasakan kedekatan yang lebih erat dengan Allah SWT. Jangan lewatkan waktu-waktu istimewa seperti sepertiga malam terakhir untuk berzikir dan berdoa.

6. Menjaga Lidah dari Ghibah dan Dusta

Amalan sehari-hari Ramadan yang penting adalah menjaga lidah dari ucapan yang tidak baik seperti ghibah dan dusta. Di bulan suci ini mari kita berusaha untuk mengontrol ucapan kita agar selalu penuh kebaikan dan tidak menyakiti orang lain.

7. Berbuat Baik kepada Orang Lain

Amalan pahala besar Ramadan adalah berbuat baik kepada sesama. Dengan memberikan senyum kata-kata penyemangat atau bahkan bantuan kepada yang membutuhkan kita akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

8. Menjauhi Perbuatan Haram

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan meninggalkan perbuatan haram. Jauhilah segala hal yang tidak baik seperti merokok, berbohong atau melakukan perbuatan dosa lainnya. Bersihkan hati dan jiwa kita agar menerima berkah Ramadan dengan tulus.

9. Mengikuti Kajian Agama

Amalan peningkatan diri Ramadan yang sangat bermanfaat adalah mengikuti kajian agama. Dengan memperdalam pengetahuan tentang Islam kita akan semakin paham akan ajaran-ajaran agama dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

10. Berdoa untuk Kebaikan Semua Umat

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, amalan yang bisa membuat kita lebih baik di bulan Ramadan adalah berdoa untuk kebaikan semua umat. Doa merupakan senjata seorang mukmin, janganlah kita lupa untuk selalu berdoa bagi keselamatan, kedamaian dan kebahagiaan bagi semua orang di dunia ini.

Dengan melakukan amalan-amalan sederhana ini kita akan merasakan keberkahan dan kebaikan di bulan Ramadan. Mari jadikan bulan Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah dan meraih berkah yang melimpah. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapatkan ridha Allah SWT. Aamiin.

Fakta Menarik tentang Amalan di Bulan Ramadan

Sebelum kita menutup artikel ini ada beberapa fakta menarik tentang amalan di bulan Ramadan yang perlu kita ketahui:

1. Puasa Ramadan dianggap sebagai salah satu rukun Islam yang lima.

2. Selain meningkatkan ibadah bulan Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki hubungan sosial dengan sesama.

3. Shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya pada bulan Ramadan.

4. Bulan Ramadan memiliki malam yang penuh berkah yang disebut sebagai “Lailatul Qadar” atau “Malam Lailatul Qadar.”

Sekian artikel tentang 10 amalan sederhana yang bisa membuatmu jadi lebih baik di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan!

Informasi lebih lanjut :

Info Sertifikasi PPIU dan PIHK

(admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga : Haji dan Umroh AirAsia Paket Perjalanan yang Populer, Niat Puasa Ganti Ramadhan: 5 Doa yang Dianjurkan untuk Dibaca, 5 Aktivitas Ibadah yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari di Bulan Ramadhan!

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesiaflsuhk , lph bms, yayasanbmssertifikasi halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *