Trik Anti Bosan di Bus Haji! 10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan!

Trik Anti Bosan di Bus Haji! 10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan!
Trik Anti Bosan di Bus Haji! 10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan!

LS PPIU – Trik anti bosan di bus haji! 10 Hal seru yang bisa dilakukan. Yuk simak penjelasan artikel dibawah ini.

Sebagai rombongan jamaah haji perjalanan menuju Tanah Suci Mekah tentu menjadi momen yang penuh arti dan berkesan. Namun perjalanan panjang yang dilakukan dengan menggunakan bus haji bisa membuat bosan terutama bagi orang tua. Namun jangan khawatir! Ada berbagai trik anti bosan di bus haji yang bisa Anda coba. Bersama-sama kita akan mengeksplorasi 10 hal seru yang bisa dilakukan selama perjalanan menuju tempat yang penuh berkah tersebut.

Trik Anti Bosan di Bus Haji

1. Berkumpul dan Berdiskusi

Sebagai jamaah haji momen di dalam bus bisa digunakan untuk berdiskusi tentang manasik haji, pengalaman ibadah dan berbagai tips perjalanan haji yang berguna. Diskusi ini tidak hanya akan menghibur tetapi juga dapat menjadi pembelajaran berharga bagi semua jamaah.

2. Bacaan dan Doa Bersama

Sambil menikmati pemandangan di luar jendela, mengadakan sesi bacaan dan doa bersama akan memberikan ketenangan dan kekuatan. Setiap jamaah bisa membawa buku doa atau bacaan haji untuk dibagikan sehingga suasana di dalam bus akan penuh dengan keberkahan.

3. Mengikuti Kajian Islam

Jika ada ulama atau ustadz yang ikut dalam perjalanan haji manfaatkan waktu di bus untuk mengikuti kajian agama. Ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara jamaah.

4. Berkarya

Bagi yang memiliki bakat seni menggambar atau menulis cerita perjalanan haji bisa menjadi kegiatan yang menarik. Selain sebagai hiburan karya tersebut juga bisa menjadi kenang-kenangan yang berharga dari perjalanan haji.

5. Mengenal Sesama Jamaah

Percakapan dengan sesama jamaah haji adalah salah satu cara terbaik untuk mengusir rasa bosan. Bertukar cerita, saling mengenal atau sekadar bertukar candaan akan membuat perjalanan terasa lebih singkat.

6. Menyanyi Mars Haji

Mengalunkan lagu-lagu mars haji secara bersama-sama pasti akan membangkitkan semangat dan kebersamaan. Mars haji yang penuh makna akan menjadi pengingat akan tujuan suci perjalanan kita.

7. Menonton Film atau Video Islami

Jika ada fasilitas layar di dalam bus, menonton film atau video islami adalah opsi yang menarik. Film-film tentang kehidupan nabi, kisah-kisah sahabat atau dokumenter perjalanan haji dapat menjadi inspirasi dan hiburan.

8. Sesekali Istirahat Mata

Perjalanan panjang bisa membuat mata lelah. Sesekali istirahatkan mata dengan menutup mata sejenak sambil mendengarkan bacaan Al-Quran atau musik Islami yang menenangkan.

9. Berbagi Cerita Keluarga

Bagi jamaah yang membawa keluarga momen di dalam bus bisa dimanfaatkan untuk berbagi cerita dan pengalaman. Bercerita tentang keluarga di rumah akan membawa kehangatan dan mempererat ikatan keluarga.

10. Meditasi dan Dzikir

Di tengah keramaian bus mencari momen tenang dengan meditasi atau dzikir adalah hal yang dianjurkan. Dengan merenungkan kebesaran Allah dan melakukan dzikir, hati akan semakin tenang dan jiwa semakin lapang.

Tips Memilih Bus Haji yang Nyaman

Selain mengetahui trik anti bosan di dalam bus haji memilih bus yang nyaman juga sangat penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih bus haji yang tepat:

1. Fasilitas Lengkap

Pastikan bus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti AC yang berfungsi baik, kursi yang nyaman, toilet yang bersih serta fasilitas hiburan seperti layar monitor atau speaker untuk kajian.

2. Reputasi dan Keamanan

Pilih bus haji yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Keamanan selama perjalanan juga harus menjadi prioritas utama.

3. Ruangan Bagasi yang Cukup

Periksa apakah bus memiliki ruang bagasi yang cukup untuk membawa barang bawaan. Hal ini penting agar Anda bisa membawa perlengkapan haji dengan nyaman.

4. Pelayanan yang Ramah

Uji coba pelayanan sebelum memutuskan untuk menggunakan bus tersebut. Pelayanan yang ramah dan baik akan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Bus Haji untuk Remaja

Bagi remaja yang ikut dalam rombongan haji ada beberapa hal seru yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan:

1. Mengikuti Lomba Baca Al-Quran

Mengadakan lomba baca Al-Quran antar remaja dalam bus bisa menjadi kegiatan yang inspiratif dan mendidik.

2. Mengadakan Diskusi Remaja

Remaja bisa mengadakan diskusi tentang isu-isu keagamaan atau sosial yang relevan dengan kehidupan mereka. Diskusi semacam ini akan memperluas wawasan dan meningkatkan kebersamaan.

3. Bermain Games Islami

Games yang mengajarkan nilai-nilai Islam seperti kuis agama atau tebak kata-kata Islami akan memberikan hiburan yang edukatif.

Perjalanan haji adalah momen suci yang penuh berkah. Dengan mengaplikasikan trik anti bosan di bus haji dan memilih bus yang nyaman, perjalanan panjang menuju Tanah Suci akan terasa lebih ringan dan bermakna. Selain itu berbagai aktivitas dan hal seru yang bisa dilakukan di dalam bus haji akan menjadikan perjalanan tidak hanya berkesan tetapi juga menyenangkan bagi semua jamaah baik orang tua maupun remaja. Semoga perjalanan haji kali ini menjadi penambah keimanan dan keberkahan bagi kita semua.

Informasi lebih lanjut :

Info Sertifikasi PPIU dan PIHK

(admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga : Haji dan Umroh AirAsia Paket Perjalanan yang Populer, Memahami Makna dan Filosofi di Balik Ritus Manasik Haji, Jangan Lewatkan! 7 Tips Agar Haji Anda Berkesan dan Lancar!

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesiaflsuhk , lph bms, yayasanbmssertifikasi halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *