Wow! Inilah 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Nagih!

 

Wow! Inilah 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Nagih!
Wow! Inilah 7 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Nagih!

LS PPIU –  Wow!Inilah 7 makanan khas lebaran yang bikin nagih. Yuk simak penjelasan artikel dibawah ini dengan baik.

Lebaran 2024 sudah semakin dekat! Suasana gembira dan hangat merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa akan segera menyapa kita semua. Bagi masyarakat Indonesia momen ini bukan hanya tentang merayakan kemenangan spiritual tetapi juga berkumpul bersama keluarga tercinta, menjalin silaturahmi serta tentu saja menikmati sajian lezat khas Lebaran yang bikin nagih. Yuk simak 7 makanan khas Lebaran yang tidak boleh terlewatkan!

1. Ketupat

Tradisi Lebaran di Indonesia tanpa ketupat rasanya seperti mawar tanpa daunnya. Ketupat, sejenis nasi yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa menjadi ikonik dalam perayaan Lebaran. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat ketupat selalu dinanti-nanti saat momen Fitri tiba. Tak hanya lezat disantap dengan opor ayam atau rendang, tetapi ketupat juga memiliki makna filosofis tentang kesucian dan kebersamaan.

2. Opor Ayam

Siapa yang bisa menolak kelezatan opor ayam saat Lebaran tiba? Olahan ayam yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah ini memang menjadi favorit di meja Lebaran. Paduan rasa gurih dan lembut dari daging ayam yang empuk dengan kuah santan yang kental membuat opor ayam selalu menjadi sajian yang dicari-cari saat bersilaturahmi ke rumah kerabat.

3. Rendang

Rendang makanan khas Minangkabau yang kaya akan rempah-rempah, juga menjadi primadona saat Lebaran tiba. Daging sapi yang dimasak dengan sempurna hingga empuk dan bumbu yang meresap membuat rendang memiliki cita rasa yang begitu khas dan lezat. Tidak heran jika rendang selalu menjadi menu wajib di meja Lebaran banyak keluarga di Indonesia.

4. Lontong Sayur

Lontong sayur adalah hidangan khas Betawi yang tak lekang oleh waktu. Paduan antara lontong, sayur labu siam, tauge dan bumbu kacang yang khas menjadikan hidangan ini begitu menggugah selera. Lontong sayur sering kali dihidangkan sebagai sarapan saat pagi hari Lebaran memberikan kesegaran dan kenikmatan di awal hari yang penuh berkah.

5. Kue Lebaran

Mudik Lebaran tidak akan lengkap tanpa membawa pulang beberapa kue kering khas Lebaran. Mulai dari nastar, kue kacang, kue putri salju hingga kastengel berbagai jenis kue kering ini selalu menyemarakkan suasana Lebaran. Tak hanya lezat disantap bersama teh atau kopi tetapi proses pembuatannya yang rumit juga mengandung makna kebersamaan dan keuletan.

6. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati hidangan berbahan dasar hati ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu pedas dan santan juga tidak boleh absen dari meja Lebaran. Rasanya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini selalu dinantikan oleh para pecinta masakan Indonesia. Sambal goreng ati juga memiliki nilai historis yang dalam, menjadi penanda kekayaan budaya dan kuliner Indonesia.

7. Tahu Telur

Tahu telur hidangan khas Jawa yang terdiri dari tahu goreng yang disiram dengan saus kacang dan irisan telur dadar merupakan sajian yang ringan namun mengenyangkan. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat tahu telur selalu menjadi favorit di meja Lebaran. Tidak hanya itu tahu telur juga sering kali dijadikan sebagai hidangan pembuka saat menjamu tamu di hari Fitri.

Momen Lebaran memang selalu menjadi waktu yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai ajang untuk merayakan kemenangan spiritual, Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi, mengenang tradisi nenek moyang dan tentu saja menikmati sajian lezat khas Lebaran yang bikin nagih. Dengan beragam hidangan khas Lebaran yang lezat dan menggugah selera momen Fitri ini semakin terasa istimewa dan memori yang tak terlupakan bagi setiap keluarga Indonesia.

Fakta Menarik

1. Sebagian besar makanan khas Lebaran memiliki makna filosofis yang dalam, mewakili nilai-nilai kebersamaan, kesucian dan kesejahteraan.

2. Tradisi mudik Lebaran meskipun sering kali diwarnai dengan kepadatan dan macet di jalan tetap menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat.

3. THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh banyak pekerja menjelang Lebaran menjadi tambahan yang membantu dalam persiapan perayaan ini.

Informasi lebih lanjut :

Info Sertifikasi PPIU dan PIHK

(admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga :Mengapa Shalat Tarawih Penting? Ini Alasannya!, Tips Agar Konsentrasi saat Shalat Terawih Terjaga, Rahasia Kesegaran Mulut Saat Berpuasa: Cara Tepat Menyikat Gigi

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesiaflsuhk , lph bms, yayasanbmssertifikasi halal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *