5 Fakta Menarik tentang Hukum Shalat Tarawih yang Harus Anda Ketahui!

 

5 Fakta Menarik tentang Hukum Shalat Tarawih yang Harus Anda Ketahui!
5 Fakta Menarik tentang Hukum Shalat Tarawih yang Harus Anda Ketahui!

LS PPIU – 5 Fakta menarik tentang hukum shalat tarawih yang harus anda ketahui. Yuk simak penjelasan artikel dibawah ini.

Shalat Tarawih sebuah ibadah yang kaya akan makna dan keutamaan, menjadi salah satu amalan yang istimewa di bulan Ramadan. Namun terdapat beragam fakta menarik terkait dengan hukum dan praktik pelaksanaan shalat ini yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita telaah bersama-sama!

1. Fakta tentang Hukum Shalat Tarawih

Hukum shalat tarawih adalah sunnah muakkadah yakni sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Ini berarti meskipun tidak wajib pelaksanaannya memiliki keutamaan yang tinggi dan mendapat pahala besar dari Allah SWT.

2. Keutamaan Shalat Tarawih

Salah satu keutamaan shalat tarawih adalah kesempatannya untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Perbedaan antara Tarawih dan Shalat Lainnya

Perbedaan utama antara shalat tarawih dengan shalat lainnya adalah dalam jumlah rakaatnya. Shalat tarawih biasanya dilakukan dalam rangkaian 8, 12 atau bahkan 20 rakaat sementara shalat fardhu lainnya memiliki jumlah rakaat yang tetap sesuai dengan ketentuan syariat.

4. Pandangan Agama tentang Tarawih

Tarawih dalam pandangan ulama adalah salah satu tradisi ibadah yang disyariatkan oleh Rasulullah SAW dan diteruskan oleh para sahabatnya. Meskipun demikian terdapat perbedaan pendapat di antara ulama tentang jumlah rakaat tarawih yang sebaiknya dilakukan. Namun kebanyakan ulama sepakat bahwa jumlah rakaatnya tidaklah baku dan dapat disesuaikan.

5. Fakta Menarik Shalat Tarawih

Salah satu fakta menarik tentang shalat tarawih adalah bahwa pelaksanaannya dapat memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa. Dalam suasana yang penuh khusyuk dan penuh iman shalat tarawih menjadi momen yang istimewa bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan demikian shalat tarawih bukan sekadar rutinitas ibadah tetapi juga merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk meningkatkan spiritualitas dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Semoga dengan mengetahui fakta-fakta menarik tentang hukum dan praktik shalat tarawih ini kita semakin termotivasi untuk melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Allah SWT.

Informasi lebih lanjut :

Info Sertifikasi PPIU dan PIHK

(admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga : Syarat Permohonan Sertifikasi PPIU, 5 Aktivitas Ibadah yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari di Bulan Ramadhan!, 10 Amalan Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadan!

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesiaflsuhk , lph bms, yayasanbmssertifikasi halal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *